Psst inilah teknik yang digunakan Copywriters Dunia ( bagian 2 )

E book ini adalah ke;lanjutan dari e book sebelumnya yang membahas tentang hal hal yang dilakukan oleh seorang Copywriters kelas dunia dalam meningkatkan skill mereka.

Sebelum membaca e book ini sebaiknya anda membaca e book saya sebelumnya.

  • Lead

Apa itu lead? Lead adalah kalimat atau peragraf pertama anda. Digunakan sebagai kalimat pembuka yang menyambung headline anda dan sebagai jalan untuk mulai memperkenalkan produk yang anda tawarkan. Berikut ini merupakan tip yang mesti anda jalankan

  • Berempati

Bukalah sebuah percakapan dengan mereka, cobalah masuk dalam alam pikiran mereka dan rasakan dengan insting anda apa permasalahan yang sedang mereka alami. Cobalah mengerti apa yang mereka rasakan dan tunjukkan kerendahan hati bahwa dulu anda juga mempunyai permasalahan yang sama dengan apa yang mereka rasakan, beritahukan bahwa anda mempunyai solusi atas permasalahan tersebut dan siap untuk membantu mereka.

  • Buat mereka penasaran

Membangkitkan rasa penasaran bisa dengan mengajukan sebuah pertanyaan. Misalkan saja begini “Bagaimana caranya dalam 7 hari anda bisa menguasai secara tuntas keahlian Copywrting?”. Semakin berani anda dalam mengajukan pertanyaan yang menantang, semakin besar rasa penasaran pembaca anda. Rasa penasaran juga bisa dibangkitkan dengan membuat pernyataan yang menimbulkan sedikit ketegangan. Misalkan saja “apa anda mau terus terusan dikerjai oleh sistem perusahaan tempat anda bekerja”. Ini tentu saja provokatif, tapi ini efektif membangkitkan rasa penasaran.

  • Buat janji

Sampaikan kepada pembaca anda apa yang bakal mereka dapat jika menggunakan produk anda. Berikan mereka janji, tuliskan dalam bentuk “ anda dapat …”. Dalam hal ini sebaiknya anda bersikap jujur, jika tidak maka kredibilitas anda akan rusak. Hati hati dalam menggunakan bagian ini.

  • Pertajam masalah

Ungkapkan permasalahan yang menjadi pokok pembahasan copy anda secara lebih jelas dan terperinci lagi. Ini akan membuat pembaca anda merasakan bahwa hal hal tersebut sebenarnya juga mereka rasakan, sehinggan mereka akan berkata dalam hatinya “hal ini sesuai dengan yang aku alami”

  • Berikan kejutan kepada pembaca.

Tuliskan sesuatu secara berani, kontroversial dan membuat pembaca anda terkejut dengan apa yang anda sampaikan. Untuk bisa melakukannya dengan baik anda perlu menampilkan fakta fakta yang jarang orang lain tahu mengenai hal hal yang menjadi pokok pembahasan anda.

  • Content

Apakah anda pernah mendengar pernyataan yang berbunyi seperti ini, “untuk menjual gunakan copywriting, namun untuk mengajarkan gunakanlah content. Namun sebenarnya kita bisa saja membuat sebuah content yang menjual. Jika anda memahami hal berikut ini, maka anda akan bisa membuat sebuah content yang menjual

  • Jelas

Kata atau frase tertentu yang jelas dan mudah dimengerti akan mendorong para pembaca untuk masuk ke dalam halaman anda. Maka dari itu anda wajib menggunakan kata kata atau frasa demikian.

  • Focus pada pembaca anda

Ada sebuah cara yang bagus bagaimana menjaga agar anda tetap focus kepada pembaca anda. Lakukan lebih dari sekedar menulis untuk pembaca anda, akan tetapi yang perlu anda lakukan adalah “menulis mereka”. Tulisan anda seharusnya bisa mengungkapkan mereka dengan sangat baik, termasuk kebutuhan dan masalah yang sedang mereka alami.

  • Menjawab pertanyaan

Sebaiknya tulisan anda benar benar menjawab kebutuhan mereka. Untuk itu anda harus tahu dan memperdiksi apa sebenarnya pertanyaan pertanyaan yang ada dalam benak mereka. Jika anda bisa melakukan hal ini dengan baik maka pembaca anda akan terus mengikuti anda dan akhirnya mau membeli produk dari anda.

  • Mengatasi keberatan

Pembaca cenderung mempunyai alasan atas keadaan mereka yang membuat mereka masih bergulat dengan permasalahan yang mereka alami. Jika anda bisa masuk ke dalam pikiran pembaca, anda akan bisa merasakan mereka berkata, “ya tapi…”. Kepiawaian anda dalam melakukan persuasi akan dapat mengatasi “keberatan keberatan” yang mereka ajukan tersebut.

  • Mengarahkan ketakutan

Saat anda menelusur lebih lanjut ke dalam “pikiran mereka” maka anda akan mendapati bahwa di balik keberatan keberatan yang mereka ajukan tersebut sebenarnya adalah rasa “ketakutan” yang mereka alami. Bantulah mereka dalam mengatasi ketakutan ketakutan tersebut.

  • Focus pada hasil

Anda boleh bermain dengan kata kata yang anda susun dalam mempengaruhi pembaca anda. Namun walaupun begitu anda harus terlebih dahulu menetapkan tujuan yang hendak anda capai melalui tulisan tersebut.

  • Pembaca anda tidak tahu segala hal

Jangan berpikir pembaca anda tahu segala hal. Pelan pelanlah dalam menggiring pembaca anda  untuk mengikuti apa yang anda kehendaki untuk mereka lakukan. Jika perlu menjelaskan sesuatu yang tampak rumit, maka jelaskan hal tersebut dengan hati hati, dengan begitu tulisan anda akan terjaga kejelasan dan kesederhanannya.

  • Berikan alasan agar mereka mau melakukan sesuatu

Agar pembaca anda mau melakukan sesuatu seperti yang anda harapkan, anda harus bisa meyakinkan mereka. Berikan alasan yang masuk akal kepada mereka untuk mereka ikuti, sehingga mereka akan bisa menilai bahwa yang anda minta tersebut berguna buat mereka.

  • Buat sesuatu tampak sederhana.

Semua orang akan menyukai jika melihat sesuatu hal tampak sederhana ketika dikerjakan. Itu akan memberikan perasaan mampu ke dalam diri mereka, sehingga mereka mau mencobanya. Untuk itu buatlah sesuatu jadi kelihatan lebih sederhana untuk dikerjakan. Ini bukan pekerjaan yang mudah, tapi ini menantang untuk dilakukan.

  • Masukkan sebuah kisah

Cerita mengenai orang lain akan membuat orang tertarik dalam mengikuti pembahasan yang kita berikan. Sertakan sebuah kisah yang relevan dengan topic yang sedang anda bahas. Hal ini akan membawa mereka dalam suasana yang lebih intens lagi. .

  • Sentil ego pembaca anda

Orang cenderung memburu sesuatu yang sifatnya eksklusif dan terbatas, karena hal ini akan menaikkan ego pribadi mereka, gunakanlah hal ini dalam kalimat penawaran anda.

  • Penutup  

Bagian ini sangat penting untuk anda kerjakan. Karena pada bagian ini keberhasilan closingan anda ditentukan, percuma capek capek membuat copywriting yang mendekati sempurna, namun jika bagian ini dikerjakan dengan serampangan, maka hasilnya tentu tidak akan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Berikut yang mesti anda perhatikan

  • Call to action

Call to action adalah sebuah perintah yang kita berikan kepada pembaca kita agar melakukan sesuatu yang kita inginkan, misalkan “masukkan email anda”, berikan like, koment, dan share, dan sebagainya

  • Berikan action value

Call to action akan lebih powerful jika anda memberikan mereka action value, yaitu reward yang akan mereka dapat saat mereka melakukan perintah dalam call to action anda. Misal “ masukkan email anda disini dan dapatkan e book super eksklusif kami tentang bagaimana meningkatkan kemampuan copywriting dalam 5 jam”

  • Mengecilkan

Orang akan cenderung tertarik dengan penawaran yang tampak lebih murah atau kecil bagi mereka. Contohnya “harga yyy jauh lebih murah disbanding anda mengikuti seminar ataupun pelatihan diluar sana yang harganya mencapai xxx

  • Mengusulkan solusi yang popular

Sesuatu yang popular lebih diminati, maka berikanlah itu

  • Menghapus resiko

Saat anda menemukan sesuatu dalam produk anda yang bisa menghapus atau meminimalisir resiko, jelaskanlah hal itu

  • Akhiri dengan semangat

Tulislah kembali beberapa pemikiran terbaik dalam tulisan anda dengan penuh semangat. Ini akan membuat pembaca anda kembali kepada anda,

Sekian dulu pembahasan ebook saya kali ini. sebenarnya pembahasan kita mengenai copywriting ini  masih panjang. Saya berharap anda mempelajari 2 bagian e book saya ini berulang ulang agar pemahaman anda akan topic ini semakin dalam

Nantikan e book saya selanjutnya dan ajak banyak teman lain untuk bergabung dengan halaman facebook saya agar lebih banyak orang akan mendapatkan manfaat yang sama dengan apa yang anda dapatkan. Sekian dan terima kasih

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *