Saya Ingin Mendatangkan Uang dari Internet, Apa yang Seharusnya saya Jual? dan Bagaimana Cara Menjual nya?

Pertanyaan di atas sering kali terngiang ngiang di kepala kita saat kita memutuskan untuk memulai sebuah bisnis Online. Apalagi saat kondisi sekarang ini di tengah pandemi Covid 19. Apa yang mesti saya jual?

Kita harus pintar-pintar memutar otak kita agar tetap dapat pemasukan, karena yang namanya hidup pasti kebutuhan akan tetap jalan terus.

Di tengah pandemi korona yang berlarut larut ini sebaiknya kita tidak terus ikut ikutan berdiam diri berlama-lama karena ekonomi sedang sepi. Justru kita harus berupaya untuk bekerja dari rumah demi keluarga.

Lantas jika dari rumah, pekerjaan apa yang bisa kita lakukan? salah satu alternatif yang bisa saya rekomendasikan adalah Jualan Online.

Bagi yang belum memiliki Ide mengenai jualan Online, anda bisa membaca artikel artikel saya sebelumnya, saya sempat memberikan banyak rekomendasi bisnis online yang bisa anda terapkan dari rumah.

Nah sebagai langkah awal dalam menjalankan bisnis online, anda bisa mencoba untuk membuat Produk Digital.

Produk digital bisa berupa Ebook, audio, video, Kursus online dengan topik pembahasan bebas. Biasanya para digital Marketers menjual produk digital mereka dengan topik yang menjadi bidang keahlian mereka masing masing.

Misalkan anda seorang guru matematika, anda bisa menjual produk berupa Soal dan pembahasan Matematika Dasar untuk test masuk perguruan tinggi negeri misalnya.

Karena Topik nya yang spesifik dan peminatnya banyak, maka kemungkinan besar produk ini akan laris manis di pasaran.

Ini adalah salah satu portal pendidikan yang memberikan akses membership berbayar untuk belajar Matematika di rumah.

contoh yang lain lagi adalah website dengan topik menulis berikut ini. Dalam blog/website ini si pemilik website memperkenalkan kita mengenai dunia tulis menulis, dan menjual e book serta kursus menulis. Jika anda berminat untuk membuat sebuah blog ataupun ingin menerbitkan buku anda wajib untuk melihat blog ini.

Blog mengenai panduan menulis Buku.

Tentunya banyak sekali blog yang bermula dari ide spesifik berdasarkan bidang keahlian yang dimiliki masing masing orang. anda bisa juga ikut menjadi seorang pebisnis online yang demikian.

Patut anda anda ketahui disamping pembuatan produk digital yang relatif murah dan bisa digandakan sampai tak berhingga, penentuan jenis produk digital yang dibuat juga akan berpengaruh pada penentuan harga jual.

E book adalah yang paling murah, jika anda berencana membuat ebook, anda bisa menjual nya seharga 5 hingga 10 dolar ribu per ebook nya jika anda menulis nya dengan bahasa inggris dan anda menargetkan untuk pasar luar negeri.

untuk pasar dalam negeri dan dalam bahasa indonesia anda bisa menetapkan harga separuhnya.

produk berupa audio berada di atas e book, anda bisa menjualnya pada kisaran harga 50 hingga 200 dolar per produknya.

Untuk produk digital yang berbentuk Video ataupun kursus, harganya bisa lebih mahal lagi.

Tentu saja untuk bisa sampai kesana butuh proses. Anda mesti memiliki dan membangun database pelanggan dulu untuk itu. Salah satu cara yaitu dengan terlebih dulu menjadikan anda ahli di bidang yang anda geluti tersebut. Blog adalah jembatan yang sangat bagus untuk memulainya.

berikut ini yang seharusnya anda persiapkan dari awal sebelum anda membuat sebuah produk digital. tanpa melalui langkah yang saya jelaskan ini bisa dipastikan hasil yang akan anda peroleh tidak akan sesuai dengan yang anda inginkan.

Para internet marketer yang sukses telah lebih dahulu melakukan proses yang panjang ini sebelum mereka akhirnya sukses seperti sekarang ini. Berikut proses yang mestinya anda lalui agar bisa menjadi seorang digital marketer yang sukses

  • Mengasah Skil atau Keahlian

Cepat atau lambat orang akan tahu siapa anda sebenarnya. Apakah anda hanya seorang yang biasa-biasa saja atau orang yang benar benar ahli dalam bidangnya. Hal ini akan tampak dalam rekam jejak digital yang anda bangun dengan orang orang. Blog yang anda bangun, produk yang anda ciptakan, cara mengatasi komplain dari pembeli, dan lain sebagaimua.

Jika anda adalah seorang yang ahli dalam bidangnya, maka pelayanan yang anda berikan kepada pelanggan anda nantinya akan membuat mereka semua puas, sebaliknya jika anda adalah seorang yang biasa-biasa, anda akan kesulitan dalam menangani berbagai masalah yang mungkin muncul ke depannya.

Jadi langkah yang terbaik adalah anda mesti membangun Skill atau keahlian yang dibutuhkan di bidang yang anda tekuni dengan baik. Anda bisa mempelajarinya sambil anda menjalankan bisnis anda, atau jika anda kurang begitu percaya diri, persiapkan dulu segala sesuatu dari awal, sebelum anda meluncurkan produk anda.

  • Menentukan Target Market dengan Tepat

Cari tahu siapa target market potensial anda, temukan kebiasan mereka dalam berinternet. Dimana mereka biasa berkumpul, topik apa yang mereka suka, dan lain sebagainya.

Semakin banyak data mengenai target market yang anda kumpulkan, maka akan semakin baik anda mengenal mereka. Dari data data tersebut anda bisa membuat reperesentasi target market ideal yang berguna untuk menyusun strategi penjualan yang tepat.

Gambarannya begini, anda ingin membuat produk mengenai ketrampilan menulis misalnya.

maka anda mulai membayangkan target market anda adalah seorang yang memiliki kegemaran menulis, siapa mereka bisa siapa saja mulai dari remaja sekolah, mahasiswa, orang kantoran, dan lain lain.

kemudian anda mulai memikirkan tempat dimana mereka biasa kumpul, bisa perpustakaan, toko buku, even atau seminar kepenulisan, grup grup facebook, dan lain lain.

Nah sampai sini anda mempunyai gambaran yang lebih spesifik lagi mengenai target market tersebut.

Lalu anda mulai kembali mengajukan pertanyaan hal hal apa saja yang biasa mereka lakukan untuk mengisi waktu, siapa tokoh tokoh yang mereka kagumi, kesulitan kesulitan apa yang biasa mereka hadapi.

Langkah langkah yang anda lakukan ini meskipun nantinya akan memakan waktu dan energi yang tidak sedikit, tetapi akhirnya ia akan menjadi berguna buat anda. Bukan saja untuk upaya strategi pemasaran yang bisa anda terapkan ke depannya, namun bisa juga sebagai bahan bahan yang bermanfaat dalam membuat produk digital anda nantinya.

  • Menawarkan Solusi yang tepat

Inilah pentingnya melakukan penelitian dan mencari data-data seperti yang saya jelaskan sebelumnya. ketika anda tidak malas dalam melakukan penelitian anda akan berada selangkah di depan kompetitor anda.

Data dalam penelitian bisa anda jadikan pedoman untuk membuat solusi yang tepat dalam menjawab permasalahan yang saat ini dialami oleh target market anda. Jadi anda tidak sembarangan saja dalam meluncurkan produk ke pasar, jika demikian bisa bisa anda akan menuai kegagalan nantinya.

Mengenai langkah langkah dalam melakukan penelitian pasar secara mendalam anda bisa mencari nya lewat mesin pencari seperti google, Yahoo, bing, baidu dan lain sebagainya. Intinya semakin matang persiapan awal yang anda lakukan dalam membuat produk, maka akan semakin besar potensi keberhasilan anda nantinya.

  • Membuat website atau Blog sebagai penunjang penjualan anda

Dalam berbisnis Online dan menjual produk digital anda butuh alat penunjang. salah satu alat yang powerful yang dapat melakukannya adalah website ataupun blog.

Website bisa anda bangun untuk mempromosikan produk anda secara langsung. Caranya adalah dengan membuat landing Page. Untuk bisa membuat Landing Page yang bagus anda perlu memiliki selera design yang bagus, dan keahlian dalam membuat Copywriting. Jika anda belum mengetahui apa itu copywriting, anda bisa melihat postingan saya mengenai Copywriting.

Sedangkan Blog fungsinya adalah untuk mengedukasi calon pembeli anda tentang produk yang anda buat. Buatlah artikel mengenai topik yang relevan dengan produk digital yang anda pasarkan. Berikanlah Solusi solusi praktis dalam artikel yang anda buat, dimana solusi lengkapnya ada dalam produk utama yang anda jual. Ini bisa menjadi pemicu yang ampuh bagi pembaca untuk segera membeli produk anda.

Salah satu hambatan yang biasa dialami oleh para pemasar online adalah kecenderungan untuk tidak sabar dalam menjalankan segala persiapan yang mesti dilakukan.

Bisa jadi karena kurangnya pengetahuan teknis yang begitu banyak mengenai pembuatan website landing page, Menyewa hosting, domain, menyiapkan artikel copywritng, menyiapkan produk digital, hingga seabrek persiapan marketing online yang mesti dilakukan.

Karena tidak mempersiapkan segala sesuatunya dari awal, bisa jadi mereka melakukannya secara meloncat loncat, terkendala di salah satu persiapan, hingga kesalahan dalam perhitungan budget awal dalam mempersiapkan itu semua.

Hasilnya, sudah bisa kita duga mereka kelelahan dan menganggap mulai menganggap bisnis online itu sangat ribet dan melelahkan. Jika sudah mulai memiliki mindset yang demikian akhirnya mereka berhenti di tengah jalan.

Jangan sampai hal ini terjadi pada anda, untuk mengantisipasinya anda memang perlu memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk itu. Anda bisa mempelajari itu semua di dalam blog saya ini dan bisa juga mencari tambahan referensi melalui blog lain, itu terserah anda.

Jangan pernah berhenti dalam belajar, jangan pernah berhenti mencoba, jagalah selalu Mindset anda agar tetap positif. Salam Sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *