Strategi Mencari Ide Bisnis Online yang Terbaik untuk Anda

Sekarang ini banyak sekali orang yang ingin menjalankan bisnis nya sendiri, namun walaupun begitu, banyak sekali orang gagal dalam mewujudkannya.

Sebagian besar alasannya sungguh sangat ironis, mereka tidak tahu bisnis apa yang pas buat mereka dan yang dapat segera mereka jalankan. Pikiran mereka bingung tentang jenis bisnis apa yang mereka rasa pas buat mereka.

Sebenarnya orang kebingungan dalam menentukan jenis bisnis yang bakal mereka jalankan, karena mereka mencari nya di tempat yang salah.

Dalam mencari ide bisnis seharusnya mencari nya bukan di luar sana, tetapi cari dan gali ide bisnis dari diri anda sendiri, karena di dalam diri anda sendiri sebenarnya merupakan tambang emas yang siap untuk anda keluarkan.

Sebenarnya anda sendiri sudah tau tentang jenis bisnis apa yang paling ingin anda jalankan selama ini. Namun anda tak juga kunjung menjalankannya karena anda merasa takut.

Anda memiliki ketakutan dalam banyak aspek kehidupan anda ketika anda benar benar ingin memulai bisnis tersebut. Seperti minimnya modal, saingan, dan tanggapan orang orang di sekitar anda.

Itulah yang sebenarnya menghambat diri anda.

Tenang saja, hampir setiap orang mengalaminya, bukan hanya anda saja, saya sendiri pun mengalaminya. Yang perlu anda lakukan sekarang adalah berusaha meminimalisir ketakutan ketakutan tersebut.

Mulailah belajar dengan orang orang yang sudah lebih dulu memulai bisnis yang serupa dengan diri anda, kelilingi diri anda dengan orang orang yang memiliki impian yang sama dengan diri anda.

Berikut ini saya memiliki tips tentang bagaimana anda mampu menemukan satu bidang bisnis sesuai dengan keinginan anda selama ini.

Carilah ide bisnis dengan mendaftar seluruh potensi diri yang anda miliki

Sebagai seorang yang ingin menekuni dunia bisnis, anda harus mau menjawab pertanyaan berikut ini

 “Apa yang ingin aku jual?”

Syarat ataupun skill utama dalam berbisnis yaitu anda harus memiliki kemampuan dalam menjual. Tanpa kemampuan untuk menjual maka bisnis yang akan anda mulai tidak akan mampu untuk anda pertahankan.

Menjual disini yang saya maksudkan adalah kemampuan menjual dalam arti yang yang luas, maksud saya adalah bukan saja mampu untuk menjual produk anda saja, tetapi anda juga harus mampu menjual kemampuan  anda

Misalnya seorang public speaking, agar dia sukses menjadi seorang public speaking dia harus mampu menjual kemampuannya tersebut. Seorang pelatih bisnis yang sukses pastilah dia mampu menjual program program sukses miliknya kepada para pebisnis muda

Untuk sampai kepada tahap tersebut pertama tama anda harus megetahui apa saja bidang kemampuan anda. Inilah seharusnya yang perlu anda lakukan. Cari tau dari diri anda sendiri apa saja bidang kemampuan anda. Cari tau sebanyak banyak nya.

Setelah anda berhasil mengetahui semua bidang kemampuan anda yang berhasil anda pikirkan, daftarlah seluruh bisang kemampuan tersebut dalam selembar kertas.

Kemudian dari sekian banyak bidang tersebut, renungkanlah dalam dalam bidang apa saja yang berpotensi untuk anda kembangkan sebagai sebuah bisnis.

Mari sekarang kita memulai latihan ini

Sekarang ambilah selembar kertas dan alat tulis, lakukan latihan berikut ini selama satu jam ke depan. Semakin lama waktu yang anda gunakan, akan semakin baik hasilnya.

Mulai sekarang coba daftarlah semua hal yang merupakan bidang kemampuan anda. Daftarlah semuanya yang menurut anda adalah sesuatu yang anda kuasai. Tuliskan saja semuanya, tak peduli walaupun pada awalnya hal tersebut tampak konyol bagi anda

Berikut daftar kemampuan yang mampu saya tuliskan dalam 10 menit

Menulis, belajar matematika, mengendarai motor, jogging, membaca, membersihkan rumah, cuci baju, memasak indomie, membuat telur asin, mengajar, memberikan les, berkomunikasi dengan murid, memulai bisnis online, menjual lewat WA, membuat produk informasi, melakukan prinsip ATM, bermain game, membuat status di WA dan Facebook, memelihara bebek, ternak ikan, bersepeda, renang, badminton, dll

Ingat, semakin lama anda menyisihkan waktu akan semakin banyak daftar yang mampu anda buat. Jika perlu gunakan waktu sehari penuh untuk mendaftar semua kemampuan yang anda miliki. Hal ini akan sangat penting untuk anda gunakan ke depannya.

Jika anda mengalami kesulitan dalam mendaftarnya, anda bisa menggunakan bantuan, dengan menjawab pertanyaan pertanyaan berikut ini :

  1. Bantuan apa yang sering orang lain minta kepada anda?
  2. Pelatihan/kursus apa yang pernah anda ikuti?
  3. Apa yang sering orang lain puji dari diri anda?
  4. Apa hal dari diri anda yang bisa membuat teman-teman anda kagum?
  5. Pencapaian apa yang pernah anda peroleh?
  6. Skill apa yang pernah teman anda minta anda untuk ajarkan?
  7. Apa kesulitan dalam hidup yang sudah anda lalui?
  8. Apa hal berguna yang anda ketahui, tapi tidak diketahui oleh banyak orang?
  9. Apa yang membuat anda antusias?
  10. Dari bisnis-bisnis orang lain yang pernah anda temui, apa yang sepertinya paling menarik?

Tuliskan semua hal yang mampu anda pikirkan dan jawab. Anda akan terkejut dengan hasil yang berhasil anda kumpulkan untuk itu jika anda melakukan latihan sederhana di atas dengan serius

Langkah berikutnya, petakan semua daftar anda dalam sebuah ‘Demand Matrix’

Langkah berikut ini adalah untuk menentukan hal apa saja dari daftar yang anda tuliskan di atas yang memiliki potensi yang bagus untuk dijadikan bisnis.

Sesuatu yang bagus untuk dijadikan bisnis adalah sesuatu yang memili banyak deman (permintaan). Kita harus bisa mengukur sebuah deman/permintaan dari sesuatu yang ingin kita jadikan bisnis. Jika tidak, maka bisnis kita hanya menghitung hari menuju kebangkrutan

Terdapat sebuah cara untuk melakukannya yaitu dengan menggunakan apa yang namanya ‘demand matiks’

Demand Matrix

Buatlah diagram seperti pada gambar diatas, garis mendatar adalah untuk mengukur seberapa banyak permintaan yang ada, sedangkan garis horizontal mengukur tingkat harga.

Patokannya adalah jika kemampuan yang anda dapatkan tersebut berhasil anda dapatkan dengan usaha yang keras, dan tidak banyak orang yang memilikinya, maka akan semakin tinggi nilainya. Artinya letak nya semakin ke kanan atas pada diagram di atas.

Berikut ini merupakan contoh yang saya rasa bagus

Demand Matrix Selesai

Analisalah bidang kemampuan anda satu persatu, tentukan letaknya pada diagram di atas. Maka dengan segera anda akan memiliki keyakinan mengenai bidang bisnis apa yang ingin anda kembangkan ke depannya.

Misalkan saja begini, saya bisa memasak indomie dengan ditambah telur dan sayur sayuran. Namun saya rasa peminatnya Cuma sedikit, maka hal ini cukup saya letakkan pada bagian kiri bawah dari diagram tersebut.

Lalu yang berikutnya, saya memiliki kemampuan mengajar, tentu karena saya adalah seorang guru. Jika saya menekuni bidang lain, misalkan dunia internet marketing, maka suatu saat saya bisa menjadi seorang choach dalam dunia internet marketing

Maka saya dapat menempatkan keahlian mengajar saya pada bagian kanan atas dari diagram di atas.

Apakah anda antusias dengan pilihan tadi?

Langkah berikutnya yang mesti anda lakukan adalah bertanya kepada diri anda sendiri apakah anda antusias dengan pilihan yang anda tetapkan tadi.

Terkadang ada juga orang yang memiiki kemampuan dalam bidang tertentu tetapi dia tidak memiliki antusiasme ke arah tersebut

Salah satu factor yang akan membuat bisnis anda berkembang adalah tingkat antusiasme anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Maka dari itu sebaiknya sebelum memulai menjalankannya, anda perlu serius dalam mendaftar semua keahlian yang anda miliki.

Dengan serius melakukan hal ini, anda akan menemukan satu atau beberapa hal dimana anda ahli dalam melakukannya, ada potensi pasar yang besar disitu, ditambah lagi anda memiliki antusiasme dalam mengerjakannya.

Jika anda sudah sampai pada tahap tersebut, saya mengucapkan selamat kepada anda. Kemudian mari kita lanjutkan ke pembahasan kita berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *